Budayakan Gemar Makan Ikan, Cegah Stunting

indonesiasatu, 20 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KEDIRI - Tahun ini, dalam memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 dengan tema 'Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa' yang dipusatkan di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Jalan Pamenang Ngasem Kabupaten Kediri, Rabu (20/11/2019).

Kali ini, dalam peringatan Hari Ikan Nasional yang tepat 21 Nopember 2019, digelar bazar dan syukuran dengan mengundang perwakilan Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) se Kabupaten Kediri. 

Peringatan Harkannas ke-6 dilakukan dengan syukuran melibatkan perwakilan 45 pokdakan, sekaligus membawa satu tumpeng yang lauknya berasal dari olahan ikan. 

Peringatan Harkannas dihadiri, Bupati Kediri dr.Hj Haryanti Sutrisno, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Rosyidah Masykuri, Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Dede Sujana, Kepala Dinas Perikanan Nur Hafid dan Kepala OPD serta perwakilan Pokdakan Kabupaten Kediri. 

Hasil pantauan dilapangan Bupati Kediri dr.Hj Haryanti Sutrisno didampingi Nur Hafid mendatangi stand-stand yang menjual aneka kuliner berbahan ikan. 

Dalam kesempatan ini, Nur Hafid Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menyampaikan, bahwa tahun ini dalam memperingati Harkannas ke-6 dengan cara menggelar bazar dan memberikan ruang sebagai sarana untuk memperkenalkan olahan ikan agar lebih dikenal masyarakat Kediri. 

Seperti, makanan berbahan dasar ikan yang diolah inovasi sehingga menarik masyarakat untuk membeli aneka kuliner dari pelaku usaha berbahan olahan ikan. 

Diantaranya, makanan nugget, siomay, sempol, sate bakar, dimsum ikan lele, dan roti bronies ikan patin yang semuanya berasal dari ikan. 

Lanjut Nur bahwa kegiatan bazar ini juga untuk membudayakan masyarakat agar gemar makan ikan dan juga membantu mencegah bahaya stunting yang terjadi di masyarakat Kediri. 

"Disamping, mencegah stunting masyarakat secara ekonomi dapat  meningkat kesejahteraannya dengan melakukan usaha kuliner dan makanan olahan snack berbahan ikan," imbuhnya. 

Menurut perhitungan data tahun 2018, Lanjut Nur bahwa untuk produksi ikan mencapai 18 ribu ton ikan per tahun, ada ikan lele, ikan patin, ikan nila dan ikan gurami. Sedangkan, paling banyak produksi ikan lele sebesar 14 ribu ton per tahun. 

"Untuk kedepannya produksi ikannya ditargetkan bisa mencapai 20 ribu ton per tahun. Sampai bulan ini hasil produksi ikan tahun 2019 sampai bulan ini sudah mencapai 19 ribu ton per tahun," bebernya. 

Nur menambahkan, dari inisiatif para pembudidaya ikan cupang di Kabupaten Kediri dengan memberikan sebanyak 4000 ikan cupang gratis kepada masyarakat Kediri yang melintas di pertigaan lampu merah Katang dan depan Kantor Perikanan Kabupaten Kediri. 

"Dengan diberi ikan cupang gratis diharapkan masyarakat bisa memelihara ikan cupang di bak kamar mandi untuk membasmi jentik-jentik nyamuk, dengan begitu mencegah terjadinya penyakit demam berdarah," ungkapnya. (prijo) 

​​

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu