RSUD Ngudi Waluyo Siap Hadapi Akibat Defisit BPJS

sumartono, 19 Jul 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Blitar-Problem defisit BPJS Kesehatan membuat para pengelola rumah sakit merasa was - was, Baik rumah sakit milik pemerintah maupun swasta. 

Namun begitu, tidak adanya impact bagi RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar. Hal ini di ungkap direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Jumat (19/7/2019) di ruang kerjanya.

Adanya defisit pada BPJS kesehatan memberlakun pemangkasan klaim, untuk mau menutup kekurangan defisit kurang lebih Rp. 28 Triliun untuk skala nasional.

“Pemangkasan biaya klaim sebenarnya tidak harus terjadi, selama Rumah Sakit (RS) tersebut telah memenuhi ketentuan persyatatan proses klaim,” kata Woro.

Woro mengatakan, kalau pihaknya selama ini tidak mengalami kesulitan jika melakukan pengeklaiman ke pihak BPJS Kesehatan dan berapapun jumlahnya.

“Jumlah klaim tergantung bagaimana RS melakukan penyelesaian persyaratan dan kecepatan sesuai dengan pelayanan yang dilakukan,” imbuhnya.

Diketahui RS Ngudi Waluyo Wlingi merupakan rumah sakit kelas B Pendidikan, dimana lembaga ini merupakan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pemerintah Kabupaten Blitar.

Terkait adanya defisit BPJS Kesehatan itu tidak berpengaruh pada penurunan kelas rumah sakit Ngudi Waluyo itu sendiri.

“Kelas RS menjadi salah satu dasar jumlah klaim per kasus yang ada.

Sedangkan Penentuan kelas RS menjadi kewenangan Kementrian Kesehatan,” tutur woro.

Lebih lanjut, Woro menambahkan, untuk penentuan kelas itu juga dilihat dari seberapa jauh sarana dan prasarana yang dimiliki rumah sakit itu untuk memenuhi persyaratan penentuan kelas.

Selain itu, juga dilihat dari Sumber Daya Manusia (SDM) meliputi dokter, perawat, administratur, begitu juga jenis pelayanan.

“Proses verifikasi kelas RS bukan menjadi keputusan pihak BPJS. Jadi, RS harus berjuang bagaimana memenuhi persyaratan kelas RS, dari segi SDM, Sarana prasarana dan jenis pelayanan,” pungkasnya.(*)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu