Pemprov Riau Beli Labkesda Uji Swab

andy, 04 Apr 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

RIAU- Setelah menetapkan Tanggap Darurat Bencana Non-alam mengantisipasi penyebaran pandemi virus Covid-19, Pemprov Riau telah membeli peralatan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk uji swab. Demikian hal ini dijelaskan oleh gubernur Riau Drs H.Syamsuar,Msi.

"Peralatan senilai Rp7 miliar ini insyaAllah bisa digunakan pekan depan,"ujarnya sebagaimana dikutib dari media sosialnya, Sabtu (04/04/2020)

Dikatakannya, sarana pendukung pembangunan Labkesda di RSUD Arifin Achmad Riau juga sedang dikerjakan menyesuaikan dengan labor standar WHO.

"Jika nanti izin dari Kementerian Kesehatan RI sudah keluar, hasil swab Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19 akan lebih cepat didapatkan,"ujarnya.

Selain itu, Pemprov Riau juga menyiapkan hotel Aryaduta untuk dijadikan tempat sementara menginap tenaga medis yang merawat pasien Covid-19 di Pekanbaru.

Kata Ia, tenaga medis ini juga akan disediakan mobil khusus untuk antar jemput mereka dari hotel menuju rumah sakit.

"Para tenaga medis sampai dengan sopir Ambulance, akan diberikan tambahan insentif sebagai bentuk dukungan pada mereka yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19,"ucapnya kemudian.

Disamping itu, pemprov Riau juga sudah menyiapkan lahan sekitar tiga hektar untuk lokasi pembakaran sampah medis dan sekaligus tempat pemakaman bagi pasien Covid-19.

Lanjutnya menjelaskan, berbagai upaya terus dilakukan secara terukur, termasuk mengalihkan anggaran non prioritas untuk penguatan pengendalian Covid-19. 

"Saya tetap mengimbau masyarakat untuk konsisten mengikuti imbauan pemerintah, tetap di rumah, lakukan physical distancing,"tuturnya.

"Semoga berbagai upaya ini diridhoi Allah Swt, terus berdoa serta berikhtiar, dan semoga bencana non alam covid-19 ini dapat segera berlalu. Aamin,"pungkasnya. (andy/rls)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu